Belajar Bahasa Arab

Bahasa arab adalah bahasa surga. Dengan memahami bahasa arab, kita bisa memahami ilmu alquran dan juga hadist nabi muhammad. Bahasa arab telah digunakan oleh 280 juta penduduk bumi. Berarti dengan mempelajari bahasa arab, kita akan mudah berkomunikasi dengan orang baru. Semakin mempelajari bahasa arab, maka ilmu agama semikin mudah dipelajari. Dengan mempelajari bahasa arab kita akan mudah berbicara dan berkenalan dengan bangsa Arab atau orang yang bisa berbahasa arab. Selain mudah berkenalan dengan orang yang menggunakan bahasa arab, kita bisa mempelajari ilmu agama Islam secara mendalam dan mendetail. Alquran dan ilmu hadis semuanya menggunakan bahasa arab. Dengan belajar bahasa arab maka kita akan mudah masuk surga. Dengan bahasa arab kita akan mudah mempelajari Alquran dan juga ilmu hadis. Dengan ilmu Alquran dan juga ilmu hadits kita akan dekat dengan Allah dan tahu akan sunah-sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Saya udah belajar bahasa arab tapi kok ngga bisa dan nggak paham apa yang diajarkan oleh guru? saran kami, cari guru yang mengajarkan materi sesuai dengan levelnya masing-masing. Jangan sampai asal cari guru atau asal daftar kelas yang disediakan oleh para guru. Bagi yang ngga pernah belajar bahasa arab sama sekali, kami rekomendasikan masuk kelas menghafal kosakata bahasa arab. Semakin spesifik materi yang dipelajari makan akan semakin mudah dan cepat memahami dan menguasai suatu materi. Target pertama adalah menghafal kosakata harian dan juga dhomir. Setelah menghafal 1.000 atau 500 kosakata, maka praktek dengan cara perbanyak berbicara, menulis dan mendengarkan kosakata yang telah dihafalkan.Tanpa praktek maka usaha Anda akan sia-sia. Semua yang diajarkan para pengajar bahasa arab, kadangkala ada dari mereka yang memberikan materi yang tidak cocok dengan pemula yang tidak pernah belajar bahasa arab dari dasar. Padahal yang dibutuhkan pemula bukan nahwu atau shorof*, untuk tahap awal mereka hanya menghafal dan mempraktekkan ilmu mufrodat dan sedikit ilmu nahwu shorof*. Setelah mereka belajar bahasa arab dengan menghafal kosakata harian, maka bolehlah mereka diajari sedikit ilmu dari nahwu dan juga ilmu shorof. Kalau kami pribadi cukup ajarin mereka sedikit tentang dhomir dan kosakata pada bulan pertama. Sampai kapan belajar dan menghafal kosakata? Kalau mengenai kapan bisa itu tergantung kemampuan individu santri yang belajar. Ingat, semakin diulang semakin berkesan tidak diulang akan melayang. Walaupun menghafal kosakata itu berat tapi bila diulang berkali-kali maka insya Allah kosakata itu akan kita hafal secara mudah dan otomatis. Jadi jangan minder bila menghafal kosakata tidak semudah kawan yang lain. Harus tetap semangat menghafal kosakata dengan cara mengulang-ulang setiap hari. Insya Allah anda akan memahami dan juga bisa berbahasa arab dengan baik.

Kami membuat website ini bertujuan agar kawan semua mudah mempelajari bahasa arab dari nol. Selama kawan bisa membaca alquran, maka kawan akan mudah mempelajari ilmu dasar bahasa arab. Saya pribadi, pernah belajar bahasa arab di suatu tempat, tapi sayang ustadz yang memberikan materi bahasa arab tersebut hanya mengajarkan ilmu nahwu dan shorof saja, tanpa membekali murid dengan kosatakata dan ilmu percakapan yang memadai. Website ini dibuat untuk membantu kawan kawan yang ingin mempelajari bahasa arab dari nol. Materi yang kami berikan itu lebih banyak ke materi kosakata, percakapan, insya’, imla’. Bila kawan sudah bisa menguasai dasar, maka kami persilakan untuk mempelajari ilmu nahwu dan shorof. Dalam kelas online kami menyediakan beberapa kelas, ada kelas pemula yaitu kelas menghafal kosakata dan ada juga kelas nahwu atau shorof. Nahwu dan shorof diperuntukkan bagi yang telah menghafal kosakata yang memadai. Insya Allah di kemudian hari akan dibuat kelas tata cara membaca kitab gundul.

Alhamdulillah, selama mempelajari bahasa arab, Allah beri saya kemudahan mempelajari bahasa Arab. Kalau kata ortu, dulu ortu suka mempelajari bahasa arab ketika saya masih kecil. Saya juga dulu pernah handle 5 orang dengan usia yang berbeda, ada yang usia anak SD, lulus SMA, kuliah dan kakek kakek, Alhamdulillah mereka bisa mempraktekkan materi dasar yang saya beri. Ada juga kawan yang ahli membaca kita gundul, tapi sayang ketika membaca kitab, dia lebih sering membuka kamus bahasa arab.

Kesimpulan :
1. Perbanyak menghafal kosakata
2. Praktek nulis
3. Praktek tarjamah
4. Praktek mendengar
5. Praktek berbicara

Insya Allah dengan memperbanyak praktek, kawan semua akan mudah memahami dan menguasai baasa arab. Tentunya jangan lupa memperbanyak doa agar dimudahkan selama mempelajari bahasa arab walau secara online seperti ini.

Leave a Comment